Custom Search

Minggu, 16 Oktober 2011

Hidup Tak Punya Ambisi, Wajarkah?

Minggu, 16 Oktober 2011
TANYA :
Dokter Andri, kenapa pada diri saya tidak ada keinginan atau semangat untuk bersaing.  Saya merasa, dengan biasa-biasa saja sudah cukup. Istilahnya saya tidak mempunyai ambisi terhadap sesuatu.  Apakah saya ini bisa disebut mengalami kelainan atau sesuatu yang wajar-wajar saja?

(Handoko, 45, Manado)

JAWAB :
Pak Handoko yang baik,

Manusia memang berbeda-beda karakter dan kepribadiannya. Menjadi bersemangat dan selalu bergairah tentu harapan banyak orang yang bergerak di bidang-bidang yang memerlukan kondisi tersebut. Tetapi menjadi manusia yang tenang, relaks dan santai juga diperlukan dalam kehidupan ini. Keinginan untuk bersaing dan mempunyai ambisi dalam mengejar sesuatu bisa dipengaruhi banyak faktor.

Pertama, faktor kecocokan harapan dengan kondisi pekerjaan, jika apa yang kita kerjakan saat ini adalah sesuai harapan kita, maka biasanya kita akan lebih bersemangat dalam bekerja dan biasanya ingin menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Kedua, faktor kompensasi/penghargaan. Materi memang bukan satu-satunya tujuan orang bekerja, tetapi ada hal-hal lain juga yang membuat orang ingin berprestasi di dalam suatu pekerjaan. Kalau kompensasinya jelas dan kita sukai, biasanya kita akan bekerja lebih semangat.

Ketiga, adalah kepribadian/karakter orang itu sendiri. Tidak semua orang mempunyai semangat kerja yang menggebu-gebu, ada juga yang santai-santai dan menjalani hidup apa adanya saja. Orang seperti ini belum tentu tidak bahagia juga.

Perkembangan psikologis masa kecil yang mempengaruhi karakter seseorang lewat proses pembelajaran selain dari faktor bawaan genetik orang itu. Jadi, selama bapak Handoko baik-baik saja, merasa bahagia dengan keadaan bapak, tidak perlu khawatir akan kondisi ini.

Tetapi jika memang merasa hal ini bermasalah dan mengganggu kehidupan bapak, maka silahkan bapak berkonsultasi ke profesional di bidang kesehatan jiwa.

Semoga membantu.

Untuk pemesanan PRODUK CNI segera hubungi:
AGEN RESMI PRODUK CNI

Jl. Teratai RT 10, RW 04, Bligo, Candi, Sidoarjo, JAWA TIMUR 61271, Telp. 031-70520708, 031-8068858, HP. 08155064444, 085731997300 Untuk pesan Produk bisa Transfer ke BCA No. Rek: 018.33.222.38 Atas nama: ANDY SUBANDONO (kami SIAP melayani pengiriman seluruh wilayah Indonesia dengan ditambah ongkos kirim)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
CNI Online © 2008. Design by Pocket